PENDIDIKAN INKLUSI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Dewi Nugraheni Universitas Lambung Mangkurat
  • Lena Rosida Universitas Lambung Mangkurat
  • Oski Illiandri Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Pelayanan Dasar, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan merupakan hak semua orang, baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, pria dan wanita, individu normal maupun individu berkebutuhan khusus.

Tujuan: Menganalisis pelayanan dasar terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan pendidikan inklusi di sekolah dengan adanya pelayanan dasar ABK melalui pendidikan inklusi dengan tujuan mengembangkan potensi dan kreativitas pada anak, mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus, selanjutnya guru perlu memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan perasaan.

Metode: Penelitian menggunakan metode studi literature review dengan teknik analisis deskriptif. Sumber data elektronik berupa ScienceDirect, SAGE dan Google Scholar digunakan untuk mengumpulkan data.

Pembahasan: Terdapat 40 jurnal dalam kurun waktu 5-7 tahun terakhir yang memenuhi kriteria didapat bahwa beberapa bentuk layanan anak berkebutuhan khusus adalah bimbingan selaku konstelasi, bimbingan yang bersifat developmental, bimbingan selaku ilmu. bimbingan selaku pengembangan pribadi, serta bimbingan selaku pendidikan psikologis.

Simpulan: Jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dalam beberapa kelompok besar secara terpisah yaitu jenis ABK berdasarkan gangguan sosial dan emosional, jenis ABK berdasarkan gangguan perilaku, gangguan fisik antara lain tunanetra tunarungu, tunawicara, tunadaksa, gangguan komunikasi, kesulitan belajar, serta berdasarkan anak berbakat. Adapun bentuk-bentuk layanan anak berkebutuhan khusus yaitu bimbingan selaku konstelasi, bimbingan yang bersifat developmental, bimbingan selaku ilmu tindakan. bimbingan selaku pengembangan pribadi, serta bimbingan selaku pendidikan psikologis.

Author Biographies

Dewi Nugraheni, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, Indonesia

Lena Rosida, Universitas Lambung Mangkurat

Departemen Biomedik, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Oski Illiandri, Universitas Lambung Mangkurat

Departemen Biomedik, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Downloads

Published

2022-12-31